we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Tuesday, June 23, 2009

Hari Pertama Program Penyegaran 2009 ITS

yahhaa...
Inilah hari pertama ku mendapat kan materi pelajaran dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Program Penyegaran atau Pre Engineering. Cukup berkesan dengan segala kekurangannya, hhaha..

Di hari pertama ini, di mulai cukup tidak baik menurutku, karena aku dateng telat, hha.. Beberapa alasan di antaranya :
  1. Traffic yang cukup padat di Surabaya *alesan banget*
  2. Lupa waktu *jam 10.00 baru mau berangkat, padahal mau mampir mampir dulu..*
  3. Petugas kasir di Indomaret yang lelet *sebelum berangkat, aku mampir Indomaret dulu*
  4. Belum tau ruangannya, bahkan gedungnya *mengingat ITS cukup luas untuk dijelajahi, apalagi kalo jalan kaki..*
  5. Kurangnya informasi mengenai ruangan *la mbok dibikinin denah gitu kek, ruang TC107 tu mana..Lab 60 Sistem Informasi tu mana..gara gara dua ruang ini aku masuk telat terus*
Sesuai jadwal yang ada *di tempel di pintu, pintunya mojok, kertasnya kecil*, di jam pertama kelas 13 berada di ruang TC107 Gedung Teknik Industri dengan mata pelajaran Matematika.

45 menit berselang, pencarian membuahkan hasil, di sebuah gedung yang kata orang sekitar kampus di yakini sebagai Gedung Teknik Industri, ruang TC107 tak jauh dari mata. Pertama kali masuk ruangan, udah rame ternyata, bahkan sang dosen pun sudah berada di tempat! dan sepertinya proses belajar mengajar sudah di mulai! mampus dah.. Karena aku telat cukup lama, 45 menit..

Begitu di persilahkan masuk, duduk, mencoba mengikuti situsi yang ada, ternyata pelajaran belom di mulai, masih perkenalan, hhaha...*bejo*. Jadi sang dosen membacakan nama anak anak dari absen, dan yang di panggil di persilahkan untuk memperkenalkan diri. Gak seformal yang dikira, gak jauh beda waktu pertama kali masuk SMA. Dan ternyata banyak juga anak anak yang telat lebih lama dari aku, hha.. Cukup lama juga acara perkenalannya, hampir 1 jam lebih, karena jumlah muridnya lumayan banyak, sekitar 40 sekelas, dan dosen nya juga yang nambah nambahi lama dengan sedikit mbanyol, hha..

Dosen nya gak terlalu kaku, pa lagi sampe di bilang killer, cukup suka menghibur, walaupun kadang membosankan.

Materi pertama dari pelajaran Matematika, Bilangan Berpangkat, bisa di bilang dasar banget. Dan dalam prakteknya, bukan dasar lagi, bisa di bilang Pengenalan Bilangan. Gimana nggak coba, dosennya dari awal menjelaskan asal muasal angka, kalau ternyata angka di mulai dari angka 1, bukan 0, mengapa setelah angka satu angka 2 dst. Bisa di bayangkan susana kelasnya.

Setelah bercerita panjang lebar, barulah masuk ke topik utama, Bilangan Berpangkat. Dan kali ini pun juga masih tentang Pengenalan Bilangan Berpangkat. Di jelaskan seperti ini :

23 = 2x2x2
23 = 8
81 = 33


Bukan maksud meremehkan atau sok jago matematika, tapi apakah untuk materi pertama perlu di jelaskan dari dasar seperti ini?

Selesai di jam pertama, cukup lega, karena pegel juga duduk selama 150 menit. Saatnya istirahat. Selama istirahat cuman cukup buat sholat dhuhur, trus cari ruangan untuk jam selanjutnya. Kembali melihat jadwal yang nyempil.

Jam kedua, kelas 13, pelajaran Komputer, di ruang Lab 60 Gedung Sistem Informasi. Dan pencarian ruangan inilah yang cukup memuakkan *berlebihan! membuat capek lebih tepatnya, hha..*. Gimana nggak, tanya orang Gedung Sistem Informasi mana, di bilang di lante 2 deket Gedung Teknik Industri. Ke TKP dah. Dan di lante 2 gak ada ruangan yang bertuliskan Lab 60. 30 menit naik turun Gedung Sistem Informasi ber lantai 3, bolak balik Gedung SI - TI, karna dedungnya nyambung, tapi gak ada batesnya. Dan akhirnya ketemu juga ruangannya setelah asal masuk. Yang bikin jengkel, gak ada tulisan Lab 60 di depan pintu, padahal udah bolak balik aku lewat ruangan ini!!

Dan untungnya pelajarannya rada nyante, Pengenalan Komputer, dari asal muasal kata komputer, apa itu hardware, sampai jenis jenis software.

Tepat jam 16.00 kelas selesai, lega rasanya, karena tadi istirahat gak sempet makan siang. Saatnya memuaskan hasrat yang tertunda, hha..

0 comments:

Post a Comment