we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Saturday, July 25, 2009

Minggu Kelima Program Penyegaran ITS 2009

Minggu Kelima. *cepet banget minggu kelima, perasaan kemaren baru ngepost yang minggu keempat..*. Minggu yang lumayan berat, hampir bikin sakit. Itu juga gara-gara aku sendiri, pola hidup yang jelek.

Masuk pagi, jam 07.30, bangunnya jam 06.00. Pas bangun, masih ngantuk, mau gak mau di paksain bangun, alhasil di kelas mbek ngantuk-ngantuk. Sore balik dari kampus, capek, tidur sekitar jam 17.00-18.30. Malemnya, gak bisa tidur gara-gara sore nya tidur. Baru bisa tidur paling cepet jam 00.00, seringnya jam 01.00 baru tidur. *kadang nyampe jam setengah tiga juga..* Besoknya, bangun jam 04.30, shalat subuh, tidur lagi. Bangun lagi jam 06.00, masih ngantuk, dipaksain, di kelas ngantuk-ngantuk, capek, sore tidur, malem begadang, bangun pagi, ngantuk, capek, tidur, begadang, shalat, tidur, dipaksain, ngantuk, capek, tidur, begadang, terusin dah..

Di kelas sendiri gak banyak cerita baru. Cuman Pak Jen *yang ngajar fisika*, minggu ini gak masuk kelas, katanya lagi ada ujian *mbuh juga deng..*. Terakhir, kemaren fisika yang ngajar Pak Zaenal Arifin, enak juga ngajarnya. Tapi tetep aja, fisika, sulit banget buat paham. Cuman paham pas di jelasin di kelas, begitu di kasi soal, ndomblong dah..

Anyway, itu job yang terpenting buat belajar fisika, karna minggu depan udah Post Test!!Gak tau dah seminggu ke depan bakal belajar fisika gimana..

Thursday, July 23, 2009

Recent Comment Blogger Gadget

Bingung gak nemuin Recent Comment Gadget di list Blogger Gadget?sama. :D
Emang si ada di list, tapi aku gak cocok, kurang ngeh. Trus aku coba googling, baru dah dapet yang cocok. Step-step instalasinya :

1. Pertama jelas login dulu, trus masuk ke Dashboard kamu. Masuk ke menu Layout > Page Element. Klik Add Gadget dimana kamu mau pasang Recent Comment Gadget nya, dan pilih HTML/JavaScript.

2. Copy semua kode berikut :


cari baris kode ini :
…src=”http://YourOwnB1og.blogspot.com/feeds/comments/default…
ganti teks yang di cetak tebal dengan alamat URL blog kamu.

3. Beres. Tinggal save.


Tambahan :
  • Jumlah comment yang di tampilkan
Jumlah default dari comment yang ditamplikan adalah 5 comment terakhir. Untuk mengaturnya, lewat line berikut
… a_rc=5;var m_rc=false;var n_rc=true;var…
ganti angka 5 sesuai dengan keinginan, disarankan diantara 4-8.

  • Jumlah karakter yang di tampilkan
Jumlah default dari karakter yang ditamplikan adalah 100 karakter. Untuk mengaturnya, lewat line berikut
n_rc=true;var o_rc=100;
ganti angka 100 sesuai dengan keinginan, disarankan diantara 50-100.



Artikel ini hanya bersifat translasi aja, karena artikel yang asli dalam Bahasa Inggris.
http://www.madtomatoe.com/recent-comments-widget-for-blogger/

Monday, July 20, 2009

Pay to Click

Seharian blogwalking banyak yang ngomongin PTC (Pay to Click), jadi penasaran pengen ikutan. Alhasil aku coba-coba register di NeoBux, BuxWiz, TuiBux dan QualityBux. Aku cuman ikut-ikutan aja, gak mo "ngejer" duitnya. Kalo dapet, ya alhamdulillah. :D

Kedua situs tersebut punya sistem yang hampir sama, tiap satu kali klik advertisement mereka, kita di bayar $0.01. Untuk payout nya, minimal $2. Lumayan kan. Lebih detilnya liat aja di situs mereka masing-masing :D karena aku juga gak terlalu mudeng sistemnya, ikutan nimbrung aja.

liat info lengkap tentang NeoBux disini :


kalo BuxWiz disini :


TuiBux:


QualityBux :


Satu lagi, aku juga coba pasang adsense di blog ini. Tapi aku gak pake Google Adsense karna persyaratan yang tidak memungkinkan, kali ini aku coba pake adsense dari situs lokal, KumpulBlogger.
Alhasil tampilan blog agak sedikit gak "rapi". But, that's okay.

KumpulBlogger adalah situs yang menyediakan advertisement yang bisa kita pasang di blog kita, dimana kita akan dibayar Rp. 300 untuk setiap pengunjung kita yang mengakses iklan tersebut. Tentang apa itu KumpulBlogger, dan lebih jauh tentang KumpulBlogger, bisa di liat di situs resminya KumpulBlogger. Jujur, lagi males ngomel banyak-banyak. *la ini dah ngomel banyak-banyak..*

Saturday, July 18, 2009

Minggu Keempat Program Penyegaran ITS 2009

hoam..
singkat aja.
  1. Minggu paling males, berangkat pagi trus.
  2. Minggu ujian, ancur gan fisikanya!!
  3. Gak krasa, udah sebulan.
that's it.


*lagi males ngomel nulis blog*


Friday, July 17, 2009

All new on my openSUSE 11.1

yahhaa..
All new on my openSUSE 11.1, adalah semua hal baru yang ada di openSUSE 11.1 ku. Hal baru itu membuat perubahan yang cukup berarti buat ni penguin. Perubahan yang ada di mulai dari 'datang' nya aplikasi baru, ugrade browser terbaru, sampai desktop effect baru. Tambah demen aja ni ma ni distro. :$

Untuk lebih detilnya, sengaja aku buat page sendiri buat reviewnya. Biar bisa 'ngomong' banyak, walaupun gak semua aku bikin page baru.

Untuk desktop effect nya, sekarang aku pake desktop effect bawaan KDE, KWin. Alasan aku ganti ke KWin, karena sebelumnya aku pake Compiz rada crash sama KDE. Solusi dari om vavai, buat KDE pake KWin aja, lebih cocok buat KDE.Trus, gimana dengan GNOME nya?Nah, untuk sementara GNOME ku belon ber desktop effect, karena aku masih bingung. Pake compiz, ntar crash lagi ma KDE nya. Anyway, sejauh ini semua berjalan dengan baik..

O ya. Satu hal lagi yang baru aku tahu. Ternyata ITS juga menyediakan mirror bagi pengguna openSUSE!! *telat, baru tahu :D* Bukan hanya distro openSUSE yang di sediakan, tapi juga distro-distro lain juga ada, kayak Ubuntu, Mandriva, Debian de el el. Site nya bisa di kunjungi di Gudang Kecil FOSS ITS, atau lewat ftp://mirror.its.ac.id/ untuk mengakses lewat ftp.

Bener bener demen sekarang ma ni distro, hhaha...

Thursday, July 16, 2009

openSUSE 11.1 :Mozilla Firefox 3.5

Beberapa waktu yang lalu *udah agak lama si..*, aku dapet email dari milis openSUSE -ID tentang openSUSE Weekly News, Issue #79 is out.. Dari situ aku baru tau kalo Firefox udah keluar veri 3.5 nya *payah, ketinggalan trus.. :p*. Penasaran kayak apa bentuknya, aku gak nemuin skrinsutnya, jadi tambah penasaran. Akhirnya cari cara buat instalnya.

Dapatlah tutorialnya di sini. Terlihat cukup mudah instalasinya.

sudo zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/mozilla/openSUSE_11.1/ Firefox
# menambahkan repositori Firefox, dengan nama Firefox

sudo zypper mr -r Firefox
# refresh list repositori Firefox

sudo zypper up -r Firefox
# install firefox
Dari segi tampilan, tidak banyak yang berubah menurutku. Aku liat dari performa juga sama dengan versi sebelumnya *lantas, apa bedanya versi yang baru ma yang lama?* Aku juga blom banyak mengeksplor browser baru ini. Sedikit yang baru dan bermanfaat buat ku, adanya pembagian waktu pada History List, sehingga mempermudah kita dalam mencari arsip-arsip terdahulu.

Sedikit kutipan dari situs resmi Mozilla Firefox, tentang beberapa feature-feature terbaru yang di sertakan dalam Firefox 3.5
  1. tersedia lebih dari 70 bahasa
  2. support HTML5
  3. new TraceMonkey JavaScript engine
  4. native JSON support
  5. dan masih banyak lagi..
Sukses aja buat Firefox Team yang udah berusaha memberikan yang terbaik buat Firefox user, terutama pengguna Linux, karena sebagian besar dari mereka menggunakan browser ini untuk berselancar di internet. *termasuk aku, walopun sekarang mendua :D*

UMTSmon :Wireless Mobile Network Partner

Umtsmon adalah aplikasi yang di desain untuk me manage jaringan GPRS, EDGE, WCDMA, UMTS, HSDPA pada operating system berbasiskan Linux, sebagai media untuk mengakses ke internet. Dengan aplikasi ini, dapat memudahkan kita untuk mengkonfigurasi dan memantau wireless mobile network kita. Umtsmon di kembangkan oleh sourceforge.net sehingga aplikasi ini bersifat free dan dapat di gunakan distro linux lainnya. Check this out for more information about it http://umtsmon.sourceforge.net/.

Umtsmon adalah aplikasi terbaru di openSUSE 11.1 ku. Sebelumnya, aku pake kppp buat meng handle koneksi internet dengan M2. Tapi, umtsmon menawarkan feature yang lebih daripada kppp, secara dia lebih mengkhususkan diri untuk menghandle wireless mobile network. Beberapa feature yang di tawarkan adalah :
  • Tampilan yang menarik
  • easy to use karena cukup user-friendly
  • Informasi mengenai operator network yang sedang di gunakan, signal strength, network yang sedang di gunakan, up and down speed, time duration, downloaded data, and many more..
  • adanya feature PIN code
  • mengirim dan menerima SMS
  • dan masih banyak lagi
*payah ni koneksinya.. :x*

Secara garis besar aku merasa berguna banget aplikasi satu ini dengan semua feature yang ada. Dan juga proses intalasi yang mudah, karena sudah terdapat di dalam repo openSUSE. Kalo mo di unduh, bisa di ambil di mari http://sourceforge.net/projects/umtsmon/files/. Berikut beberapa langkah yang udah aku coba, bagaimana memanage wireless mobile network kita dengan umtsmon. Kali ini aku pake Modem Huawei E160 dan kartu M2 Broom.

# Instalasi umtsmon
  1. buka YaST. Software > Software Management
  2. ketik "umtsmon" (tanpa tanda quote) di kotak Search
  3. beri tanda centang untuk menginstal, dan klik Accept
  4. tunggu sampai proses instalasi selesai
# Setting profile untuk M2
  1. buka aplikasi umtsmon yang baru anda instal, Menu > Application > Internet > Dial-Up > UMTS / 3G Card Manager
  2. Klik Connection > Manage Profiles, maka akan keluar jendela baru
  3. klik Add profile pada jendela Manage Profiles
  4. Beri nama pada kotak Profile name, misalkan Indosat M2. Klik Create
  5. Pilih profile yang baru saja kamu buat, dan klik Edit profile
  6. Isikan data-data berikut :

  7. APN :indosatm2
    Username :username pada account M2 kamu
    Password :password pada account M2 kamu

    Klik Save
  8. Klik Set as active, untuk menjadikan profile yang barusan kita buat sebagai default profile.
Untuk memulai koneksi, ada beberapa cara yang bisa di gunakan :
  • Klik icon Connect with default profile yang ada di tampilan utama,
  • Klik menu Connection, pilih connect, atau
  • Tekan ctrl+c
Segala pertanyaan dan masukan bisa di layang kan dimari. Happy surfing..

Saturday, July 11, 2009

!@#$%^&*()

hoy me siento no tan bueno en absoluto. No sé por qué. pero puede ser debido a que se me olvida de ella. durante varios días no me envía un mensaje a ella, en realidad es lo que quiero hacer. Estoy tratando de no siempre cerca de ella, hacer un poco de distancia entre nosotros. ¿por qué? Sé que la aburrirte conmigo. ¿Quién soy yo? Yo no soy nadie, yo sólo, yo sólo soy! su yo sí! el que espera con su felicidad, que quiere ver la sonrisa en su rostro, orando siempre tratamos de que por su bondad .. sí que soy

pero, no puedo hacer mucho. Sólo espero que se mantenga su sonrisa en su rostro, por lo que el mundo va demasiado a su sonrisa. i usted realmente pitty, ya



*thanks to translet dot gugel dot co dot aidi
*kalo mo di translate balik, gak usah di percaya isinya, karna artinya bakal beda.

Minggu Ketiga Program Penyegaran ITS 2009

Minggu ketiga, minggu yang cukup longgar dari minggu sebelumnya, bahkan sangat longgar. Gimana gak longgar, dari Hari Rabu sampe Minggu aku meliburkan diri :v.

Libur ini berkaitan dengan Pemilu beberapa hari yang lalu. Sebenernya libur nya cuman sehari, pas pemilu. berhubung setelah itu cuman masuk 2 hari, Jumat ma Sabtu, bablasin aja sekalian.

Di libur yang 'cukup' singkat ini, aku mau balik ke rumah, sama ngurus ijazah di sekolah. Hari Selasa selesai kuliah, aku langsung cabut dari Surabaya sekitar jam 15.00 naek mobil berlima. Aku, Gilang, Atya, Om Fari, sama temennya Om Fari.

16.00 kita baru masuk tol Surabya-Gresik. Cukup padet traffic ke arah pantura. Sekitar jam 18.00, kita sholat maghrib di Masjid Sunan Bonang Tuban sekalian makan malem. 00.00 baru masuk Semarang. Di Semarang Gilang turun deket perbatasan Semarang-Demak, Atya turun di Kalibanteng. 02.30 baru nyampe Pekalongan. Lama juga dari jam 15.00-02.30, 11 jam lebih!!

Agenda hari berikutnya. Hari Jum'at, aku ke Semarang buat ngurus ijazah, tapi Hari Sabtu nya baru mau ngurus. Sabtu siang aku ke sekolah, bener bener menikmati sepanjang perjalanan ke Gunung Pati. Dan, waah.. pas nyampe gerbang..kayak DeJavu..hhaha.. Agak ramean si di dalem, trutama lembaga, banyak murid baru yang daftar kayaknya.

Selesai berurusan dengan Mbak Marini buat cap tiga jari ditemani Bu Ida berdua tok di ruang guru lantai 1, Pak Janto yang rada males malesan buat fotokopi ijazah+rapot, nunggu tanda tangan Pak Haris bareng Pak Juli di ruang Pak Janto yang lagi wawancara ma orang tua murid baru di perpus hampir setengah jam lebih!, ketemu Mbak Anik, Bu Dewi, Bu Dini, Yahya Agabey dan tukang-tukang yang lagi "memoles" SEMESTA, aku langsung ke rumah nenek ku buat bermalam hari ini. Minggu pagi aku balik ke Surabaya lagi naek travel dari sini. Dan bersiap siap buat mid test minggu depan! hhaha...

*bingung mau dimasukin category mana, college, endeavour, ato stories?*
*not in a good condition

Saturday, July 04, 2009

Minggu Kedua Program Penyegaran ITS 2009

bbeeh..lagi lagi baru bisa ngepost Hari Sabtu. Soalnya 3 hari belakangan lagi gak enak badan. Jadi lagi "jauh-jauh" dari laptop :D. Anyway, yang penting ada post baru buat minggu ini.

Yah. Minggu kedua udah berakhir, bahkan dengan cepat. Kenapa? karena di Hari Rabu dan Kamis, aku gak ada kelas!hhaha..padahal kelas kelas yang lain masuk, biarpun cuman sejam. Libur ini berkaitan dengan diadakannya SNMPTN di kampus. Sebagian besar gedung kampus, dipake buat ruang ujian. So, beberapa kelas cuman masuk satu jam, dan sebagiannya libur. Banyak juga yang meliburkan diri :D

Tapi ada satu hal yang cukup menyebalkan. Ketidak pastian jadwal. Jadwal yang di tempel di satu gedung dengan gedung lainnya, hampir beda. Dan ini cukup membingungkan. Waktu aku coba konfirmasi ke ruang TU nya, malah di lempar-lempar, dan ujung nya, orang nya lagi istirahat keluar. Cukup menyebalkan.

Alhasil, di hari pertama aku masuk kegasiken, alias terlalu pagi. Bagaimana bisa? Aku liat jadwal di BAAK kelas C jam 07.30-10.00 Komputer, sedangkan di Gedung TI gak ada kelas C hari itu.
Padahal aku udah bangun pagi, pas nyampe lab SI, kok sepi, gak ada anak kelasku. Dan ternyata benar, kelasku baru mulai nanti jam 10.30, itupun pelajarannya Fisika. Menyebalkan bukan.
Alhasil, aku maen ke kosnya Atya aja, sambil nunggu jam setengah sebelas.

Di Hari Selasa, baru keluar jadwal revisi nya. Nah, gini kan enak, jelas, dari kemaren kek.

Cuman itu si hal yang baru di minggu ini, selebihnya gak jauh beda sama minggu sebelumnya. Dan sepertinya, minggu depan bakal berlangsung lebih cepat. hhahaha... :v :vliat aja nanti..

Friday, July 03, 2009

WishList

hayo, yang mo ngebantuin ngabulin :O :O

  1. 84fb9683464bfdf693ff62ed019da25a *siapa yang brani bongkar enkripsi md5 :v*
  2. Laptop baru! batrenya yang irit, tahan lama, enteng, simple, gak terlalu besar atau kekecilan, 12" cukup. cancel, karena laptopku yang sekarang udah hebat :O
  3. HP ber WiFi
  4. Akses internet 24 jam, dengan kcepatan rata rata 50KB/s! *maruk banget* udah ada di kos
  5. Semester I dapet nilai yang cukup, bagus. alhamdulillah..
  6. Dapet projek
  7. Mendalami PHP MySQL lebih lanjut
  8. Menguasai JS, biar mudeng pake JQuery, dan buat dasar AJAX


"you are you"