we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Wednesday, September 23, 2009

openSUSE 11.2


openSUSE 11.2, the next evolution of openSUSE. openSUSE telah mengumumkan versi terbarunya, openSUSE 11.2 [1], yang akan diluncurkan Bulan November tahun ini, setelah release candidate dan milestone nya diluncurkan lebih dulu.

Banyak sekali perubahan yang dibawa, seperti versi sebelumnya dari openSUSE 11 ke openSUSE 11.1. Dimulai dari desktop environtmentnya, KDE 4.3 dan GNOME 2.28 terbaru yang merupakan 2 desktop environtment terfavorit. KDE 4.3 dengan tema Air nya, dan GNOME 2.28 dengan user interface terbarunya, Sonar, yang menawarkan tampilan lebih fresh.

Beralih dari desktop environtment, kita lihat feature terbaru dari YaST, Yast Web. Yast Web menawarkan remote administration yang lebih mudah digunakan dan powerfull. Didukung juga oleh suppoert live update untuk pertama kalinya. Selain itu, kini YaST mempunyai maskot terbaru nya, Yastie.

Di luar itu semua, openSUSE 11.2 masih punya 'barang' baru dari mereka, tengok aja versi terbaru dari Gimp dan kemudahan untuk boot ISO openSUSE dari USB!! Dan masih banyak lagi feature-feature yang ditawarkan dari openSUSE 11.2, kita tunggu aja final release nya, dan siap-siap mencicipinya :D


[1] http://en.opensuse.org/OpenSUSE_11.2




Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

0 comments:

Post a Comment