we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Sunday, May 23, 2010

Unetbootin

Unetbootin (Universal Netboot Installer), sebuah aplikasi cross-platform untuk membuat Live USB dari berbagai macam varian Linux. Singkat kata, kita bisa membuat sebuah installer linux dengan media USB dengan bantuan dari aplikasi ini, sehingga kita tidak perlu repot-repot beli CD setiap kita akan meng-instal linux, enak to?

UnetBootin running on openSUSE 11.2 KDE 4.4.3

UnetBootin berjalan pada platform Windows maupun Linux. Tidak hanya sebuah Distribution Linux yang bisa kita buat versi Live USB nya, program utility semacam Parted Magic juga bisa kita buat menjadi sebuah Live USb. Untuk pembuatan sebuah Live USB, kita bisa menyediakan ISO nya maupun mendownloadnya langsung dari aplikasi ini.

Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah Live USB dengan menggunakan UnetBootin. Ada 3 menu utama, yaitu :
  • Distribution
Jika kita menginginkan  mendownload ISO terlebih dahulu, gunakan option ini. Pilih Distribution yang diinginkan, kemudian pilih version nya dari dropdown menu.
  • Diskimage
Pilih opsi ini jika kita sudah punya ISO nya. Klik tombol [...] dan arahkan ke lokasi dimana ISO berada. Pilihan ini yang sering dipake dan paling gampang.
  • Custom
Kalo kita mau build distribution kita sendiri, kita pake opsi ini. Arahkan lokasi Kernel dan Initrd nya dimana dia berada.

Terakhir, pilih jenis disk yang akan kita gunakan, USB Drive atau Hard Disk. Kemudian tentukan lokasi drive nya. Tekan OK dan sebuah Live USB siap digunakan. Jangan lupa ubah boot order nya dari BIOS untuk menggunakannya.

Beberapa catatan yang mungkin perlu diketahui. Pertama. Kita bisa pake media lain selain Flashdisk, semisal SD Card maupun MMC, asalkan device tersebut terdeteksi aplikasi ini.

Kedua. Kita tetap bisa menggunakan USB Disk kita seperti biasa. Gak ada pengaruhnya kalo kita isi file-file lain. Asalkan file-file yang dibutuhkan untuk Live USB ini tidak terganggu.

Ketiga. Space yang dibutuhkan untuk USB Disk nya minimal 1 Gb.

Keempat. ISO harus berupa sebuah live-installer, bukan alternate version apalagi DVD.

0 comments:

Post a Comment