we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Thursday, June 25, 2009

Masalah pada Network Manager dan Sax2

hhah....
akhir - akhir ini penguin ku ngambek trus ni..
lagi dapet kali ya dia :D

Pertama. Ada masalah dengan Network Managernya. Jadinya aku gak bisa ngenet untuk beberapa hari, alhasil, harus pake Windows. Dan ternyata memang banyak laporan kalau ada bug dengan Network Managernya. Trus aku coba berobat ke Rumah Sakit International Penguin, karena Rumah Sakit ini melayani segala jenis Penguin yang ada di Indonesia. Waktu itu dilayani oleh dr. utam. Setelah menjelaskan kondisi Penguin ku, beliau menyarankan untuk menggunakan wicd. Cukup ribet juga untuk mendapatkan obat ini.

Setelah aku dapet obat wicd, aku coba kasih ke Penguin ku, dan ternyata aku bingung cara pakenya. Yang ada disitu cuman konfigurasi network untuk wireless(wlan0) dan cable(eth0), aku gak nemuin ada konfigurasi buat broadband atau dial-up. Akhirnya, aku pake obat yang lama, kppp, yang jadi andalanku buat masalah koneksi internet dari zaman bahula kala :D. At the end, it works!!

Pada awalnya, aku kesulitan menggunakan kppp, karena aku make M2 dengan modem Huawei E160. Kesulitan yang aku temui yaitu mengatur APN nya, karena aku cari - cari di bagian setting koneksinya, tidak ada untuk APN. Akhirnya, aku coba utek - utek modem command nya di bagian ATZ. Setelah pake metode trial and error, ketemu juga solusinya. Tambahkan baris berikut untuk mengatur APN M2 :
AT+CGDCONT=1,"","indosatm2"

Kedua. Barusan aja ni. Ada masalah dengan Sax2 nya. Tau - tau tu desktopnya nge-freeze tanpa sebab yang jelas. Panik juga waktu itu. Langsung aja aku matiin paksa. Dan setelah aku nyalain lagi, cuman bisa masuk sampai bagian user login nya *yang kita login mau pake user mana, trus pilih session..*. Pas nyampe situ, udah gak bisa di apa - apa in. Keyboard mati, pointer mouse mati. Tapi tombol caps lock masih aktif. Aneh bukan.

Buat kasus ini, aku coba berobat ke Rumah Sakit Penguin Daerah, dimana Rumah Sakit ini spesialisasi dengan jenis Penguin ku. Disana aku di layani banyak dokter, diantaranya dr. vavai, dr. gatoti dan masih banyak dokter - dokter lainnya yang membantu. Setelah berkonsultasi dengan kondisi penguinku, dilakukan medical check up, tes laborat, dan lainnya, dr. vavai menyarankan untuk masuk ke failsafe, dan menjalankan Sax2 nya dengan perintah sax2 -r kemudian startx.

Tapi, karna waktu itu aku lupa commandnya apa *karna aku cuman bisa ngenet pake windows, jadi kudu bolak balik resart laptop*, aku coba aja ketik sax2, trus keluar jendela konfigurasinya. Karna aku bingung di apa in, akhirnya cuman aku adjust size monitornya. Trus aku restart lagi. Dan, tarra... sampai masuk ke tampilan login usernya, semuanya lancar, bwahaha...

Semua ini berkat bantuan dari dokter - dokter spesialis Penguin yang professional. Alhamdulillah, obat - obatan yang diberikan manjur, gak perlu sampe rawat inap segala. Dan sekarang, Penguin ku kembali cerah ceria seperti sedia kala, gyahaha... :O :O


*lebai banget ceritane, sampe maen dokter dokteran, :O :O*

0 comments:

Post a Comment