we are move to our new home
http://babibu.eamca.com
feel free to explore

Thursday, June 10, 2010

3 Dasar Ilmu Marketing

Dunia marketing ataupun bisnis bukanlah dunia yang mudah buat survive disana. Bagaimana agar usaha yang dijalani dapat terus hidup dibutuhkan keseriusan dan ketekunan dalam 'menghidupi' usaha tersebut. Dari hasil bincang-bincang dengan Bapak Lukas E. Wirryabrata, 3 hal yang aku dapat dari beliau tentang 3 Dasar Ilmu Marketing.

#1. Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar. Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri terhadap konsumen, dan sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen. Konsep dasar dari usaha yang akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai membangun sebuah bisnis.

#2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita dengan pasar. Disinilah nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bisnis tersebut dapat mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang sama. Jika tidak, maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar tanpa ada konsumen yang tau kalau bisnis kita ada.

#3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi senjata terakhir agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu pemilihan nama tidaklah sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita dan apa bisnis kita melalui sebuah nama.


"that would be a great thing when the idea is not only in your mind. share it and do it."

one of informatics laboratory, 12.00 AM
 

3 comments:

Arman said...

Mantap Dasar - Dasar Penempatan Ilmu Marketing Harap Lebih di kembangkan lagi gan sehinggah bisa di kuasai lebih dalam semua marketing Indonesia.

Berat Badan said...

TERIMAKASIH BANYAK,,, SAYA IZIN MENCATAT...

fikri hamzari akbar said...

permisi saya mau izin mengkutip, trmksh bnyak ats artikelnya ...

Post a Comment